Visitasi Program Studi Manajemen K. Sintang

Dalam Berita
22 March 2018   ADMIN   267 Kali

Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah…

Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.

Universitas Muhammadiyah Pontianak Kampus Sintang mendapat kunjungan (visitasi) dari tim Asesor BAN-PT dalam akreditasi Program Studi S1 Manajemen K. Sintang dari tanggal 15-17 Maret 2018 Di Kampus Sintang yang beralamat di Jl. Akcaya II, Sintang, Kalimantan Barat.

Tim asesor BAN-PT yang tediri dari dua orang yaitu Dr. Hanif Rifai, SE, M.Si dan Dr. Claudius Budi Santosa, M.Bus disambut oleh Pimpinan Universitas, Fakultas, Program Studi, dosen dan tenaga kependidikan di ruang Rapat Pimpinan Universitas Muhammadiyah Pontianak Kampus Sintang.

Asesmen lapangan yang dilakukan oleh tim asesor ini merupakan tahap lanjutan dari desk evaluation terhadap borang akreditasi Program Studi S1 Manajemen K. Sintang.

Tim asesor melakukan wawancara terhadap pengelola Kampus Sintang: H. Achmad Sutarmin, S.Hut, MM, Dekan Fakultas: Samsuddin, SE, M.Si dan Ketua Program Studi S1 Manajemen K. Sintang; Wulan Purnama Sari, SE, MM untuk melakukan verifikasi terhadap data yang terdapat pada borang yang telah dikirimkan oleh Program Studi ke BAN-PT secara online melalui Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO).

Selain itu, tim asesor juga melakukan wawancara terhadap dosen, alumni dan stakeholders Program Studi S1 Manajemen K. Sintang serta survei terhadap fasilitas dan sarana prasarana pendukung Proses Belajar Mengajar di Program Studi S1 Manajemen K. Sintang seperti proyektor pada ruang kelas, koleksi buku di perpustakaan, ruang dosen, ruang himpunan mahasiswa jurusan manajemen serta koleksi jurnal yang berbentuk softcopy / elektronik.

Setelah melalui tahapan asesmen lapangan ini, pengelola Kampus, Fakultas dan Program Studi memiliki harapan agar Program Studi S1 Manajemen K. Sintang memperoleh predikat akreditasi yang memuaskan.

Oleh: Andri Restandi.

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK