UAS: Menilai Perubahan Sikap dan Derajat Hasil Belajar

Dalam Berita
14 July 2017   ADMIN   325 Kali

Kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS) merupakan salah satu kegiatan evaluasi hasil belajar mahasiswa. Evaluasi ini adalah pemberian penilaian terhadap kemam­puan mahasiswa dalam menerima, memahami, dan…

Kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS) merupakan salah satu kegiatan evaluasi hasil belajar mahasiswa. Evaluasi ini adalah pemberian penilaian terhadap kemam­puan mahasiswa dalam menerima, memahami, dan menguasai bahan studi yang disajikan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan, dan menilai per­ubahan sikap serta keterampilannya.

Adapun tujuan pelaksanaan dari UAS adalah pertama untuk mengetahui pencapaian hasil belajar mahasiswa yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dalam kurun waktu studi tertentu; kedua untuk mengetahui efektivitas pro­ses pembelajaran; dan ketiga untuk menetapkan derajat hasil belajar dalam kategori cumlaude, sangat baik, baik, cukup, kurang, sangat kurang, dan gagal. Itulah ketika berbicara UAS khususnya diperguruan tinggi.

Ini juga yang sedang dilakukan proses pelaksanaan UAS oleh Program Studi Manajemen-Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak (FEB UM Pontianak) semester Genap tahun akademik 2016/2017. UAS merupakan kegiatan wajib, alat evaluasi akan tingkat penguasaan materi secara kognitif bagi seluruh mahasiswa yang telah mengikuti proses perkuliahan dalam satu semester khususnya di Prodi Manajemen FEB UM Pontianak.

UAS ini dilaksanakan dengan durasi waktu jam 08.00– 20.00 dari pagi sampai malam hari dengan rerata 4 kali pelaksanaan (pagi, siang, sore dan malam) sejak tanggal 11 Juli sampai 21 Juli 2017. Pelaksanaan UAS ini melibatkan banyak pihak dari tenaga perlengkapan, staf akademik termasuk seluruh dosen FEB UM Pontianak dalam proses pengawasannya.

Dedi Hariyanto, SE.,MM, selaku Ketua Panitia UAS Semester Genap 2016/2017 FEB UM Pontianak mengaku optimis dalam kegiatan ini akan berjalan dengan lancar, disiplin dan tepat waktu, termasuk kegiatan UAS kali ini. Kegiatan UAS ini menjadi prioritas utama yang harus ditegakan baik bagi peserta (mahasiswa) maupun pengawas ujian, pungkasnya. Kontributor Fenny Supriadi diedit oleh Abrori.

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK