Pengabdian Dosen Fakultas Ekonomi UM Pontianak (Samsuddin, SE, M.Si)

Dalam Berita
22 November 2016   ADMIN   614 Kali

Kegiatan Pendampingan Pelaku Usaha Lidah Buaya(Pengabdian Dosen UM Pontianak)Universitas Muhammadiyah Pontianak melaksanakan pendampingan bagi pelaku usaha tanaman lidah buaya yang ada di Kecamatan…

Kegiatan Pendampingan Pelaku Usaha Lidah Buaya
(Pengabdian Dosen UM Pontianak)

Universitas Muhammadiyah Pontianak melaksanakan pendampingan bagi pelaku usaha tanaman lidah buaya yang ada di Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten kubu Raya. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang wajib dilakukan oleh Dosen. Program pendampingan pelaku usaha lidah buaya ini sendiri merupakan program hibah pengabdian dosen dari Kementerian Riset dan teknologi Pendidikan Tinggi yang didapat oleh Samsuddin, SE, M.Si, salah seorang dosen di Fakultas Ekonomi UM Pontianak.

Dalam kegiatan pengabdian ini, dilaksanakan beberapa kegiatan diantaranya pembuatan produk olahan dari tanaman lidah buaya, dimana pada produk tersebut selain dibuat minuman seperti yang selama ini kita kenal, dibuat juga produk turunan lainnya seperti kerupuk lidah buaya, manisan lidah buaya, dodol lidah buaya, puding lidah buaya dan juga teh lidah buaya. Selain pengolahan produk, dilakukan juga kegiatan perbaikan media promosi produk agar mempermudah pelaku usaha dalam memasarkan produknya. 

Dikecamatan Rasau Jaya sendiri saat ini keberadaan tanaman lidah buaya sudah mulai mengalami penurunan, dimana dahulunya tanaman ini sangat mudah sekali dijumpai disepanjang jalan menuju kecamatan Rasau Jaya. Padahal tanaman lidah buaya (aloe vera) merupakan tanaman khas Kalimantan Barat yang cocok untuk dibudiayakan di daerah tanah gambut. Disamping itu olahan produknya yang dapat dibuat kedalam beberapa produk turunan membuat tanaman ini mempunyai nilai ekonomis yang tinggi apabila di kelola dengan baik.

Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan pengabdian Dosen dan mahasiswa dari UM Pontianak diharapkan akan dapat memberikan alternatif pilihan bagi petani lidah buaya yang ada di Rasau Jaya dalam upaya meningkatkan nilai ekonomis tanaman lidah buaya dan juga tentunya akan berdampak pada peningkatan taraf hidup para petani dan pelaku usaha lidah buaya itu sendiri.

Image title

Ketua Tim Pengabdian Samsuddin, SE, M.Si. bersama dengan pemilik UKM dan Produk olahannya.

Kontak

Jl. Jenderal Ahmad Yani No.111, Pontianak, 78124
  Telepon
(0561) 764571
  Email
[email protected]

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK