Kemah Bakti Mahasiswa Fakultas Ekonomi Tahun 2014

Dalam Berita
29 August 2016   ADMIN   607 Kali

Dalam upaya membangun insan akademis yang berwawasan, memiliki intelektual serta mampu bersosialisasi dengan lingkungan dan masyarakat. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammdiyah Pontianak menggelar…

Dalam upaya membangun insan akademis yang berwawasan, memiliki intelektual serta mampu bersosialisasi dengan lingkungan dan masyarakat. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammdiyah Pontianak menggelar kegiatan Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) selama 5 hari mulai dari Tanggal 10 – 14 Desember 2014 di Desa Kantuk Kabupaten Sanggau.

Kegiatan yang rutin dilakukan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak tersebut selain dikhususkan sebagai sarana belajar mahasiswa dalam bersosialisasi dengan lingkungan dan masyarakat juga mengajarkan kepada mahasiswa untuk peduli terhadap sesama serta meningkatkan silaturahim sesama mahasiswa agar terjalin rasa kekeluargaan dan kebersamaan.

Pelepasan keberangkatan mahasiswa langsung dilakukan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Pontianak, Helman Fachri, SE, MM bertempat di Halaman Gedung Universitas Muhammadiyah Pontianak, Rabu (10/12). Dalam sambutannya, beliau menghimbau agar mahasiswa baru (maba) dapat mengikuti kegiatan KBM dengan sebaik-baiknya. “Melalui kegiatan ini kita berharap lebih agar mahasiswa tidak hanya memiliki intelektual tapi juga memiliki mental yang dewasa dan spiritual yang baik serta bisa menjadi teladan sebagai wujud pengabdiannya kepada masyarakat kelak.” Pesannya.

Kegiatan KBM diikuti oleh para mahasiswa baru (maba) dengan didampingi Panitia Pelaksana Kegiatan KBM, BEM Fakultas serta Dosen Pendamping dari Fakultas Ekonomi Muhammdiyah Pontianak. Hari Pertama kegiatan diawali dengan kunjungan dan silaturahim ke SMA Negeri 2 Sanggau sekaligus melakukan pertandingan persahabatan seperti voli, basket dan futsal. Setelah itu dilakukan juga kunjungan ke pelaku usaha kecil (UKM) seperti pembuatan Kue Bingke (Bingke Khatulistiwa), Pembuatan Coklat (Rumah Coklat) dan Pembuatan Miniatur Motor Bandung (Café Bandung).

Hari Kedua kegiatan dilanjutkan dengan bakti sosial dan silaturahim ke tempat-tempat umum masyarakat setempat seperti tempat ibadah, pemakaman, panti sosial, pesantren serta membersihkan desa Selain itu, juga dilakukan kunjungan ke tempat-tempat penting dan bersejarah di Sanggau, salah satunya Keraton Surya Negara Sanggau. Kedatangan mahasiswa kemah bakti mahasiswa disambut Raja Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara, Drs H. Gusti Arman, M.Si.

Hari ketiga kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke tempat-tempat wisata di Sanggau salah satunya Pancur Aji yang merupakan salah satu kawasan wisata yang terletak di pinggiran teluk Sungai Kapuas di bagian hilir / pesisir barat Kota Sanggau. Kegiatan KBM berjalan lancer dan sukses hingga berakhirnya kegiatan dan peserta KBM tiba kembali di Pontianak.


Sumber Foto dan Narasi: http://www.fennisupriadi.com/

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK