Pembinaan Akademik Dan Kemuhammadiyahan Mahasiswa Baru 2015

Dalam Berita
25 August 2016   ADMIN   1332 Kali

Fakultas Ekonomi merupakan salah satu Fakultas unggulan yang ada di Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP). Dengan pesatnya kemajuan di era sekarang Jurusan Ekonomi menjadi pilihan utama untuk…

Fakultas Ekonomi merupakan salah satu Fakultas unggulan yang ada di Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP). Dengan pesatnya kemajuan di era sekarang Jurusan Ekonomi menjadi pilihan utama untuk menempuh perkuliahan sebagai bekal ke dunia kerja. Jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun semakin meningkat, pada Tahun Akademik 2015/2016 ini kurang lebih 400 mahasiswa baru yang ikut Pembinaan Akademik dan Kemuhammadiyahan yang terdiri dari mahasiswa baru kelas pagi dan kelas malam.

Kegiatan berlangsung pada Hari Senin dan Selasa Tanggal 7-8 September 2015. Diawali dengan sambutan dari Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Bapak Ir. Rachimi, M.Si yang dalam sambutannya mengatakan tidak ada ospek di Universitas Muhammadiyah tetapi hanya ada Pembinaan Akademik dan Kemuhammadiyahan. Ini dilakukan untuk mendidik karena membina keimanan, sopan santun, cara hidup, belajar, tegas agar dapat menyelesaikan kuliah tepat pada waktunya. Selain Wakil Rektor I, juga ada pemateri dari perwakilan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Dari Fakultas Ekonomi sendiri yang mengisi agenda kegiatan adalah Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Bapak Samsuddin, SE, M.Si, yang memaparkan materi tentang beasiswa yang dapat mahasiswa peroleh selama berkuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak. Bapak Dedi Hariyanto, SE, MM sebagai Ketua Program Studi Manajemen turut mengisi materi dengan menyampaikan peraturan-peraturan yang harus dipahami oleh mahasiswa selama berkuliah di Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Di hari kedua, BEM Fakultas Ekonomi, IMM Komisariat Fakultas Ekonomi, Mahasiswa Pecinta Alam (MATA) UMP dan Korps Sukarela (KSR) UMP tampil di podium untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan yang dapat diikuti oleh para mahasiswa baru untuk mengisi waktu luang dan belajar berorganisasi selama menjadi mahasiswa. Ini tentunya kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa yang harus tetap diimbangi dengan menjaga kewajiban sebagai mahasiswa yaitu belajar dan menimba ilmu. Selain paparan materi dari narasumber diatas, juga ada kegiatan lain seperti permainan dan lomba agar selama mengikuti Pembinaan Akademik dan Kemuhammadiyahan mahasiswa tidak merasa jenuh dan bosan serta dapat membuat para mahasiswa baru tersebut akrab dan saling mengenal sesama dan kakak tingkat mereka.

 

Oleh: Andri Restandi

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK