Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Membuka Program Studi Baru: Bisnis Digital

Dalam Berita
10 November 2021     369 Kali

Fakultas  Ekonomi (FE) berdiri pada Tahun 1990 dengan satu Program Studi (Prodi) yaitu Prodi  Manajemen yang bersamaan dengan berdirinya Universitas Muhammadiyah (UM) Pontianak.  Seiring berjalannya…

Fakultas Ekonomi (FE) berdiri pada Tahun 1990 dengan satu Program Studi (Prodi) yaitu Prodi Manajemen yang bersamaan dengan berdirinya Universitas Muhammadiyah (UM) Pontianak. Seiring berjalannya waktu Prodi Manajemen dibawah FE semakin berkembang. Nama Fakultas Ekonomi berganti menjadi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEB) pada Tahun 2017 dengan Surat Keputusan Rektor Nomor 058/II.3.AU/KEP/2017 Tanggal 25 April 2017.

Karena FE sudah berganti nama menjadi FEB selama beberapa tahun dan hanya mempunyai satu Prodi saja maka atas inisiatif dari Dekan periode 2021-2025 yaitu Bapak Dedi Hariyanto, untuk menambah Prodi. Dikarenakan masih adanya moratorium izin Prodi yang masuk dalam rumpun Ilmu Sosial, maka di carilah Prodi yang prospek kedepannya sesuai dengan perkembangan era digital dan masuk kedalam rumpun Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Selain itu dalam rangka untuk memenuhi tuntutan kebutuhan pasar akan sumber daya manusia yang cakap dalam  menghadapi perkembangan, tantangan, dan persaingan di dunia Pendidikan, maka Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak berencana untuk mendirikan satu program studi baru yang bernama Bisnis Digital. Program Studi ini dibuka untuk menghasilkan sumber daya manusia dalam bidang penguasaan startup digital, marketplace, big data, hingga artificial intelligence.

Keunggulan Program Studi Bisnis Digital Universitas Muhammadiyah Pontianak adalah mensinergikan trend perkembangan terbaru Bisnis Digital antara kurikulum dengan learning platform (andragogy), students’ learning journey, employability, dan digital business ecosystem. Pengembangan kurikulum dilakukan berdasarkan benchmarking, kurikulum berbasis KKNI, keunikan program studi, dan agenda perubahan dinamis mengikuti perkembangan teknologi dan bisnis. Program studi ini dibuka untuk menghasilkan sumber daya manusia dalam bidang penguasaan start up digital, market place, big data, hingga artificial intelligence.

Tanggal 8 November 2021, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Dan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi memberikan rekomendasi atau hasil evaluasi terhadap usulan tersebut, dan disetujui. Izin pembukaan Program Studi Bisnis Digital FEB UM Pontianak dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia lewat Surat Keputusan Nomor 495/E/O/2021, Tanggal 15 November 2021. Dengan ini Program Studi Bisnis Digital FEB UM Pontianak dapat segera melaksanakan penerimaan mahasiswa baru dan melakukan proses perkuliahan di T.A. 2022-2023.

Kontributor: Andri Restandi.

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK