Bimbingan Teknis Pimpinan Dan Anggota DPRD Kabupaten Bengkayang Oleh Dosen FEB

Dalam Berita
09 October 2021   ADMIN   137 Kali

Kembali tim dosen dari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (UM) Pontianak diberi kepercayaan oelh salah satu stakeholder di Provinsi Kalimantan Barat yaitu pemerintah Kabupaten…

Kembali tim dosen dari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (UM) Pontianak diberi kepercayaan oelh salah satu stakeholder di Provinsi Kalimantan Barat yaitu pemerintah Kabupaten Bengkayang untuk memberikan Bimbingan Teknis/Pendalaman Tugas kepada Pimpinan Dan Anggota DPRD. Kali ini pesertanya adalah DPRD Kabupaten Bengkayang. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Aston Kota Pontianak 6-9 Oktober 2021. Tema yang dibahas adalah "Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah Serta PERMENADGRI NO.27 Tahun 2021 Tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Dan  Belanja Daerah (APBD) Tahun 2022".

Dedi Hariyanto, SE, MM, Dekan FEB yang bertindak sebagai pemateri memaparkan tentang Beberapa Pandangan Fungsi-Fungsi Manajemen yang dapat digunakan dan mengoptimalisasikan Manajemen Keuangan Publik dilihat secara teoritis, dan kajian empiris serta berlandasan realitas kondisi ekonomi saat ini. Beliau juga menyampaikan Fungsi Anggaran yang dapat digunakan sebagai alat perencana, pengendali, kebijakan fiskal, politik, koordinasi dan komunikasi, penilaian kinerja, motivasi, dan menciptakan ruang publik. "Kebijakan Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan Daerah harus berpedoman pada Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri serta Keputusan Menteri Dalam Negeri", lanjutnya.

Sementara Edy Suryadi, SE, MM, Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan SDM UM Pontianak, memberikan materi tentang Manajemen dan Optimalisasi Pengelolaan Dana Reses Bagi Anggota DPRD Provinsi, Kota dan Kabupaten. Beberapa metode disampaikan oleh beliau dengan tujuan optimalisasi penggunaan dana reses. Pengukuran Efektifitas Penggunaan Dana Reses kemudian disampaikan juga di hadapan Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bengkayang.

Universitas Muhamamdiyah Pontianak sebelumnya telah melaksakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan DPRD Kabupaten Bengkayang, dan mendapatkan rekomendasi dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Barat sehingga terjadilah kegiatan Bimbingan Teknis ini. Menjadi narasumber dalam Bimbingan Teknis adalah sebagai wujud dari pelaksanaan caturdharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah (PTMA) untuk daerah Kalimantan Barat dan bangsa Indonesia.

Kontibutor: Andri Restandi.

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK