Tax Center FEB UMP Sebagai Peserta Tax Center Expo 2021 Dan Penutupan Relawan Pajak 2021

Dalam Berita
29 September 2021   ADMIN   285 Kali

Di era milenial sekarang didukung oleh teknologi yang semakin canggih dan mutakhir. Meningkatnya hal tersebut juga seiring dengan meningkatnya berbagai tantangan dalam Pajak dan Karir di era milenial.…

Di era milenial sekarang didukung oleh teknologi yang semakin canggih dan mutakhir. Meningkatnya hal tersebut juga seiring dengan meningkatnya berbagai tantangan dalam Pajak dan Karir di era milenial. Yang mana kita ketahui bersama, meskipun kasus COVID-19 sekarang ini semakin menurun, namun perekonomian masih cenderung lambat untuk meningkat kembali. Oleh karena itu, agar dapat menginformasikan kembali kepada masyarakat, DJP Kalbar melakukan inisiasi untuk mengadakan acara berupa Tax Center Expo dengan tema “ Pajak dan Karir Milenial di Era Society 5.0”.

Acara expo tersebut dilakukan secara daring via platform zoom pada hari Rabu, tanggal 29 September 2021. Meskipun dilakukan secara online, pada hari Selasa 28 September 2021 jumlah peserta yang sudah mengisi registrasi sejumlah 868 orang. Adapun pesertanya tidak hanya pada terdiri dari Dosen dan Mahasiswa, namun juga dihadiri oleh konsultan dan praktisi pajak, pengusaha UMKM dan peserta lainnya. Hingga pada hari rabu, jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 1005 orang.

Acara Tax Center Expo ini tersusun dari 4 sesi Webinar dengan 4 narasumber dan 4 moderator dari Pembina Tax Center di beberapa Perguruan Tinggi di Kalbar. Adapun narasumber, moderator dan tema webinar tersebut adalah:

  1. Webinar sesi 1 disampaikan oleh Dr Nella Yantiana, SE, MM, Ak, CA, CMA, CPA menjabat sebagai Ketua Jurusan Akuntansi Universitas Tanjungpura Pontianak. Moderator diisi oleh Dyah Novia Nugraheni, S.T.R, Ak, M.Ak dari Tax Center Politeknik Negeri Ketapang.
  2. Webinar sesi 2 disampaikan oleh Asmako yang merupakan Owner dari Kopi Lokale dengan 30 outlet tersebar di wilayah Kalbar. Moderator diisi oleh Fuad Ramdhan Ryanto, SE, Ak, M.Ak dari Tax Center Universitas Muhammadiyah Pontianak.
  3. Webinar sesi 3 disampaikan oleh Uray Tiar Fahrozi yang merupakan Founder dari Pontianak Informasi. Moderator diisi oleh Shanti Veronica br Siahaan, S.T, M.M dari Tax Center Institut Shanti Bhuana.
  4. Webinar sesi 4 disampaikan oleh Darussalam, SE, Ak, CA, M.Si, LL,M Int,Tax yang merupakan Ketua ATPETSI (Asosiasi Tax Center Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia). Moderator diisi oleh Oscar Rynandi Andjioe, SE, M.Si, Akt, CA dari Tax Center Akademi Perpajakan Panca Bhakti.

Setiap sesi dari webinar tersebut disediakan waktu 1 jam. Mengingat waktu yang terbatas, sehingga hanya dibatasi 40 menit materi dan 20 menit sesi tanya jawab. Pertanyaan hanya dapat dilakukan dengan mengisi di google form tanpa bertanya langsung. Para peserta cukup antusias, hal ini dilihat dengan begitu banyak pertanyaan yang masuk ke Google Form yang sudah disediakan. Setelah 4 sesi webinar tersebut berakhir, selanjutnya adalah Penyerahan Sertifikat Relawan Pajak. Dimulai dengan Pembina Tax Center masing-masing kampus melepas name tag yang diwakilkan oleh salah satu relawan pajak dan menunjukkan sertifikat yang telah diberikan. Setelah penyerahan sertifikat, acara puncak dari kegiatan Tax Center Expo ini adalah Tax Center Expo Awards dengan 20 kategori. Acara pun ditutup dengan testimoni dari perwakilan Tax Center dan Relawan Pajak. Dengan berakhirnya acara Expo ini, maka berakhir juga rangkaian acara dari Relawan Pajak yang diadakan oleh DJP Kalbar tahun 2021.

Kontributor: Fuad Ramdhan Ryanto.

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK