Lokakarya Kurikulum MBKM Program Studi Manajemen FEB UM Pontianak

Dalam Berita
15 June 2021   ADMIN   547 Kali

Sesuai dengan keinginan dari Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia yang menginginkan mahasiswa mendapatkan pengalaman kuliah yang tidak hanya dari lingkungan kampus saja tetapi mendapat…

Sesuai dengan keinginan dari Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia yang menginginkan mahasiswa mendapatkan pengalaman kuliah yang tidak hanya dari lingkungan kampus saja tetapi mendapat pengalaman belajar secara nyata dari luar kampus sehingga dapat menjadi lulusan yang handal, kompetitif, berdaya saing, dan professional, maka Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (UM) Pontianak melaksanakan Lokakarya Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) agar dapat menyelaraskan diri dengan perkembangan zaman di dunia pendidikan. Lokakarya kurikulum MBKM Program Studi Manajemen FEB UM Pontianak dilakukan berdasarkan PERMENDIKBUD Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Di dalam Kurikulum MBKM yang dirancang oleh Program Studi Manajemen ada 3 program yang dapat dipilih oleh mahasiswa, yaitu kuliah di luar Program Studi Manajemen di dalam kampus UM Pontianak, Magang, dan KKN Tematik.

Lokakarya dilakukan secara online dan offline melalui media aplikasi Zoom Meeting selama dua hari Tanggal 15-16 Juni 2021. Pengisi materi yang dihadirkan adalah Bapak Dr. Harjum Muharam, SE, ME, dosen Universitas Diponegoro Semarang, yang mengisi materi tentang Prosedur Konversi, Pengakuan Kredit, Pencapaian Pembelajaran OBE dan Peta Kurikulum. Kemudian Bapak Dr. Dwi Cahyono, M.Si, Akt, dosen dari Universitas Muhammadiyah Jember, yang mengisi materi tentang RPS, Rubrik, Portofolio/Logbook Penilaian Dalam Kurikulum MBKM. Tidak lupa, Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Muhammadiyah Pontianak, Bapak Dr. Eko Dewantoro, M.Si turut mengisi materi dalam lokakarya kurikulum ini dengan topik bahasan Overview dan Diseminasi Kurikulum di UM Pontianak. Dekan dan Wakil Dekan FEB UM Potianak, Ketua Program Studi Manajemen FEB UM Pontianak juga menyampaikan pemaparan tentang Pengenalan, Desain, Dan Implementasi Kurikulum MBKM di dalam Program Studi Manajemen FEB UM Pontianak di hadapan para Stakeholder, Alumni, dan juga Mahasiswa dari lingkungan organisasi mahsiswa FEB UM Pontianak.

Dalam Sambutannya, Dekan FEB UM Pontianak, Bapak Dedi Hariyanto menyampaikan "Dalam kondisi pandemi saat ini FEB UM Pontianak selalu berusaha untuk bisa menjalankan berbagai kegiatan yang bermanfaat dengan tujuan peningkatan Pendidikan, khususnya pada peningkatan perkembangan kurikulum yang baru dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan terkait dengan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka". Lebih lanjut beliau mengatakan kurikulum Program Studi Manajemen FEB UM Pontianak yang akan disusun nantinya juga harus mampu menjawab tantangan regional dan internasional, agar para lulusan yang dihasilkan memiliki kompetensi yang memadai untuk bersaing di masa mendatang.

Selain lokakarya kurikulum, pada kesempatan ini juga dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman antara FEB UM Pontianak dengan Bursa Efek Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Kubu Raya terkait dengan implementasi Kurikulum MBKM. Nantinya, mahasiswa akan melaksanakan magang/praktik kerja dan KKN Tematik di kantor-kantor tersebut serta di desa yang ada di lingkungan Kabupaten Kubu Raya sebagai bagian dari pelaksanaan kurikulum MBKM. Kegiatan tentunya dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19, seperti peserta dan tamu yang duduk diberi jarak, memakai masker dan mencuci tangan dan/atau membersihkan tangan dengan hand sanitizer sebelum masuk ruangan.

Kontributor: Andri Restandi.

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK