Aldino Persi, Juara 1 PILMAPRES UM Pontianak Tahun 2020

Dalam Berita
06 March 2020   ADMIN   1385 Kali

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) merupakan ajang pemilihan mahasiswa berprestasi yang rutin dilaksanakan oleh Kemenristekdikti yang pada tahun 2020 berubah menjadi Kementerian Pendidikan…

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) merupakan ajang pemilihan mahasiswa berprestasi yang rutin dilaksanakan oleh Kemenristekdikti yang pada tahun 2020 berubah menjadi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tujuan untuk memfasilitasi perguruan tinggi mengembangkan potensi mahasiswa secara maksimal. Pada tanggal 5 Maret 2020, Universitas Muhammadiyah Pontianak telah melaksanakan pilmapres tingkat universitas untuk menjaring potensi mahasiswa berprestasi yang memiliki prestasi unggul dan membanggakan sesuai dengan tujuan dari pendidikan tinggi yaitu mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingkan bangsa.

Pilmapres tahun 2020 ini masih mengangkat tema Sustainable Development Goals yang bersinergi dalam Era Revolusi Industri 4.0. Perwakilan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yaitu Aldino Persi terpilih menjadi Juara I dengan judul karya ilmiah “Peluang Pertumbuhan Ekonomi Berbasis Digital di Kemajuan Industri 4.0 Menghadapi Bonus Demografi di Indonesia”. Selain Aldino, mahasiswa Program Studi Manajemen lainnya yang mengikuti Pilmapres ini adalah Rita Ningsih yang berhasil meraih Juara Harapan 2. Vazrul Rahman dari Program Studi Manajemen K. Sintang dapat menembus posisi 7 besar pada Pilmapres kali ini walaupun masih berstatus mahasiswa semester 2. Aspek penilaian dalam pilmapres tahun ini dilengkapi dengan tes wawasan kebangsaan dengan tujuan untuk mengetahui cara pandang mahasiswa mengenai diri dan ideologinya serta rasa nasionalisme terhadap bangsa dan negara.

Dengan mengikuti ajang pilmapres, mahasiswa diharapkan memiliki kecerdasan komprehensif yang menyeimbangkan antara hardskills dan softskills agar menjadi sumberdaya manusia yang ideal yang memiliki keunggulan seimbang antara kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual.

Kontributor: Ryani Yulian, S.Pd, M.Pd.

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK