Apresiasi Relawan Pajak Kantor Wilayah DJP Kalimantan Barat Tahun 2019

Dalam Berita
10 May 2019   ADMIN   285 Kali

Setelah Tax  Center resmi dibuka di Universitas Muhammadiyah Pontianak dilanjutkan dengan Pelantikan Relawan Pajak Tahun 2019 Oleh Dirjen Pajak Provinsi Kalimantan Barat, selanjutnya para …

Setelah Tax Center resmi dibuka di Universitas Muhammadiyah Pontianak dilanjutkan dengan Pelantikan Relawan Pajak Tahun 2019 Oleh Dirjen Pajak Provinsi Kalimantan Barat, selanjutnya para relawan tersebut diberikan training/pelatihan terkait dengan tugas-tugas yang akan mereka lakukan terkait dengan perpajakan nantinya dan memberikan informasi di mana mereka akan ditugaskan dan disebar di beberapa KPP yang ada di Pontianak. Pelatihan tersebut dilakukan sebanyak 3x pada bulan Februari. Penugasan para relawan tersebut tidak dikelompokkan berdasarkan asal kampus mereka namun sudah ditentukan oleh para pegawai pajak. Diharapkan dengan pengelompokkan tersebut akan meningkatkan koordinasi dan komunikasi antara relawan dari kampus satu dengan yang lainnya.

Adapun penugasan dari para relawan tersebut berada di Kantor Pelayanan Pajak :

  • KPP Pratama Pontianak Timur.

  • KPP Pratama Pontianak Barat.

  • KPP Pratama Mempawah.

  • Kanwil DJP (Tax Corner di Ayani Mega Mall dan Transmart).

Relawan pajak yang ditugaskan di KPP Pratama Mempawah (Abdurrahman dan Wahyu Darmawan), KPP Pratama Pontianak timur (Ima Qurrota’aini) dan di Tax Corner Ayani Mega Mall dan Transmart (Yuni Safarina dan Adelia Tri Anggraini).

Kegiatan para relawan pajak tersebut efektif dimulai tanggal 13 – 31 Maret 2019. Aktifitas yang dilakukan berupa :

  • Membantu wajib pajak dalam asistensi pengisian laporan SPT 1770S dan 1770SS melalui e-filling.

  • Membantu wajib pajak jika ada masalah seperti lupa password, lupa EFIN (Electronic Filing Identification Number), lupa email dan lainnya.

  • Membantu mengarahkan para wajib pajak alur-alur dalam pengisian formulir.

Setelah kegiatan tersebut berakhir, relawan pajak diundang untuk mengikuti acara Evaluasi Kegiatan Relawan Pajak. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 3 Mei 2019 pada pukul 8.30 bertempat di Aula Kanwil DJP Kalimantan Barat Jl. Jendral Ahmad Yani No. 1 Pontianak. Dalam agenda yang berlangsung pada hari Jumat tersebut mengumpulkan kembali semua relawan pajak dari kampus lain yaitu dari Universitas Tanjungpura, Politeknik Negeri Pontianak, STIE Widya Dharma, Akademi Perpajakan Panca Bhakti dan Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Dalam acara evaluasi tersebut, beberapa penghargaan diberikan kepada para relawan pajak tersebut atas dedikasinya selama ini yang sudah membantu kegiatan perpajakan. Penghargaan berupa Relawan Pajak Teraktif dan Asistensi Pelaporan SPT Terbanyak yang diberikan kepada relawan yang bertugas di KPP Pontianak Timur, KPP Pontianak  Barat, KPP Mempawah dan Tax Corner Ayani Megamall dan Transmart. Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh para Relawan dan Pembina Pajak. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat terus memberikan inovasi, senantiasa meningkatkan semangat para relawan dalam membantu berbagai aktifitas dan meningkatkan pemahaman terkait perpajakan yang nantinya akan sangat bermanfaat diterapkan ketika berada di dunia kerja.

Kontributor: Fuad Ramdhan Ryanto.

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK