Pelantikan Relawan Pajak Tahun 2019 Oleh Dirjen Pajak Provinsi Kalimantan Barat

Dalam Berita
21 March 2019   ADMIN   227 Kali

Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan negara yang lebih baik dari sumber lain pendanaan negara seperti ekspor migas/non migas dan hutang luar negeri. Besarnya penerimaan bersumber dari pajak…

Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan negara yang lebih baik dari sumber lain pendanaan negara seperti ekspor migas/non migas dan hutang luar negeri. Besarnya penerimaan bersumber dari pajak menandakan kecukupan dana yang tersedia yang akan digunakan untuk mendanai kegiatan operasional pemerintahan seperti gaji pegawai, pembangunan infrastruktur, pertahanan negara dan lain sebagainya. Sebaliknya, rendahnya penerimaan pajak mengakibatkan pemerintah harus mencari opsi lain untuk menjalankan kegiatan operasionalnya. Seperti melakukan eksploitasi terhadap sumber daya di negaranya dan bila itu masih tidak mencukupi maka pemerintah harus melakukan pinjaman dari luar negeri dan tentunya hal itu sebenarnya sangat tidak diinginkan oleh suatu negara karena harus membayar pokok pinjaman beserta bunganya.

Sehingga untuk mengurangi terjadinya hal seperti itu pemerintah sedang menggalakkan penerimaan yang bersumber dari pajak yang bisa dikatakan minim resiko. Beberapa waktu lalu pemerintah sudah melakukan sosialisasi terhadap masyarakat yang dikenal dengan Tax Amnesty yaitu pelaporan jumlah aset yang dimiliki dan dikenakan pajak bertarif kecil dan jika tidak melaporkan maka akan dikenakan denda yang cukup besar.

Untuk meningkatkan penerimaan pajak, pemerintah juga melakukan cara lainnya yaitu dengan sosialisasi di kalangan akademisi seperti sekolah dan universitas. Contohnya pembukaan Tax Corner sebagai pusat informasi perpajakan yang ada di beberapa universitas salah satunya di Universitas Muhammadiyah Pontianak Fakultas Ekonomi Dan Bisnis yang melakukan kerjasama dengan Dirjen Pajak dan memberikan pelatihan serta pembekalan kepada beberapa mahasiswa terpilih untuk selanjutnya menjadi relawan pajak. Yang mana tugas dari relawan pajak tersebut adalah membantu pegawai pajak dalam melakukan sosialisasi dan berbagai kegiatan lainnya yang berhubungan dengan perpajakan. Dengan adanya para relawan pajak tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya peran pajak untuk negara.

Adapun yang menjadi anggota Tax Center Universitas Muhammadiyah (UM) Pontianak dan relawan pajak dari UM Pontianak adalah mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen semester 6 dengan identitas sebagai berikut :

  1. Abdurrahman ( Anggota Tax Center dan Relawan pajak).

  2. Wahyu Darmawan(Anggota Tax Center dan Relawan pajak ).

  3. Yuni Safarina (Anggota Tax Center dan Relawan pajak ).

  4. Ima Qurrotaaini(Anggota Tax Center dan Relawan pajak).

  5. Adelia Tri Anggraini(Anggota Tax Center dan Relawan pajak).

  6. Hadis Nur ( Anggota Tax Center).

  7. Siska Dewi Sawitri (Anggota Tax Center).

  8. Ayu Wahyuni (Anggota Tax Center).

  9. Lia Oktavianti (Anggota Tax Center).

  10. Lulu Budia Ningsih (Anggota Tax Center).

Mahasiswa tersebut sudah mengikuti kegiatan pelantikan relawan pajak pada hari Senin, 11 Maret 2019 jam 15.30 di Aula Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Untan yang diikuti oleh beberapa relawan dari kampus lain seperti Universitas Tanjungpura, Politeknik Negeri Pontianak, Akademi Perpajakan dan STIE Widya Dharma Pontianak. Pelantikan tersebut dihadiri oleh perwakilan Dekan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura, Kanwil Dirjen Pajak Provinsi Kalimantan Barat, dan perwakilan dosen pembina dari para relawan pajak di masing-masing Universitas. Setelah kegiatan tersebut nantinya para relawan pajak tersebut akan disebar ke beberapa kantor pajak yang ada di Pontianak dan sekitarnya.

Kontributor: Fuad Ramdhan Ryanto.

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK