Kuliah Umum Dan Sosialisasi Bank Indonesia Institute

Dalam Berita
30 October 2018   ADMIN   137 Kali

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (UM) Pontianak melaksanakan kegiatan Kuliah umum dan sosialisasi program bekerjasama dengan Bank Indonesia Institute. Hadir dalam kegiatan…

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (UM) Pontianak melaksanakan kegiatan Kuliah umum dan sosialisasi program bekerjasama dengan Bank Indonesia Institute. Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Dr. Andi Muhammad Alfian dari Buletin Of Monetary Economics and Banking, Dr. Ali Sakti dari Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, dan Ibu Enny Tin Suryanti yang merupakan Senior Analyst Bank Indonesia Institute. Dalam sambutannya Dekan FEB UM Pontianak, Samsuddin, SE, M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian awal dari rangkaian kerjasama yang akan dilakukan antara FEB UM Pontianak dengan Bank Indonesia Institute. Setelah kegiatan ini nantinya akan ditindaklanjuti dengan penjajakan MoU dan kerjasama terkait beberapa kegiatan diantaranya Learning, Research, Strategic Partnership dan Public Exposure.

Bank Indonesia Institute sendiri sebagai lembaga baru yang di bentuk oleh bank Indonesia pada tahun 2016 yang lalu memiliki misi Menghadirkan lingkungan pembelaran, studi dan riset yang kondusif bagi penciptaan SDM yang handal di bidang ekonomi dan keuangan melalui pengelolaan fakulti terbaik, menjalin kemitraan strategis yang bermanfaan dan didukung dengan prasarana yang unggul.

Pada kesempatan lain Dr. Andi M Alfian juga menyampaikan pentingnya para mahasiswa untuk melakukan kegiatan penelitian pada sektor keuangan dengan kualitas penelitian yang baik, sehingga selain memberikan dampak terhadap peringkat sebuah universitas karena bisa menghasilkan karya tulis yang berkualitas juga dapat memberikan sumbangsih pemikiran terhadap perkembangan lembaga keuangan di Indonesia. Hal lain yang disoroti oleh Dr. Ali Sakti dalam kuliah umum tersebut menekankan pentingnya konsep ekonomi Islam sebagai salah satu jawaban terhadap permasalahan ekonomi bangsa di mana ekonomi yang semata-mata hanya mengandalkan kepuasan karena diukur dari banyaknya kepemilikan faktor produksi atau barang pemuas kebutuhan yang dimiliki suatu saat sistem perekonomiannya akan ambruk.

Sebagai penutup kuliah umum tersebut, kedua belah pihak bersepakat untuk menindaklanjuti dengan penjajakan kerjasama antara instansi sehingga kegiatan-kegiatan yang terkait Learning, Research, Strategic Partnership dan Public Exposure akan dapat lebih sering dilaksanakan bersama.

Kontributor: Samsuddin.

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK