Pembinaan Akademik Dan Kemuhammadiyahan Mahasiswa Baru FEB T.A. 2018/2019

Dalam Berita
14 September 2018   ADMIN   213 Kali

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka menyambut mahasiswa baru yang ada di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (UM) Pontianak selalu diadakan kegiatan Pembinaan…

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka menyambut mahasiswa baru yang ada di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (UM) Pontianak selalu diadakan kegiatan Pembinaan Akademik dan Kemuhammadiyahan Mahasiswa Baru (PAK MABA). Pada Tahun Akademik 2018/2019 kegiatan PAK MABA diikuti oleh 330 mahasiswa yang terbagi dalam dua sesi, yaitu sesi pagi untuk mahasiswa kelas kagi dan sesi malam untuk mahasiswa yang mengambil kuliah pada kelas malam. PAK MABA sudah dilakukan dalam 10 tahun terakhir dan menggantikan Ospek yang selama ini selalu dilakukan pada perguruan tinggi lainnya.

PAK MABA berlangsung pada Hari Jum'at Tanggal 14 September 2018, dibuka oleh Pimpinan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Samsuddin SE, M.Si dan menyampaikan materi tentang pendidikan tinggi di Indonesia, persiapan penyesuaian diri di perguruan tinggi dan prospek peluang kerja lulusan perguruan tinggi. Sementara pemateri lainnya adalah pejabat struktural di lingkungan FEB, Ketua Program Studi Manajemen, Neni Triana M., SE, MM, Sekretaris Prodi Manajemen, Heni Safitri, SE, MM dengan materi general education, kegiatan akademik di perguruan tinggi dan layanan kemahasiswaan. Wakil Dekan, Dedi Hariyanto, SE, MM memaparkan Pengenalan Budaya, tata krama dan etika keilmuan, organisasi dan kegiatan kemahasiswaan, motivasi dan kiat sukses belajar & berprestasi. Materi yang dipaparkan juga mengacu pada keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru. 

Dalam kegiatan ini tidak hanya diisi pemaparan materi saja, tetapi juga diselingi dengan social games agar mahasiswa yang mengikuti tidak bosan. Kegiatan berjalan sukses dan lancar berkat kerjasama dan koordinasi dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FEB, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat FEB, Kelompok  Studi Pasar Modal (KSPM) FEB UM Pontianak, serta dukungan dari pihak UM Pontianak. Harapan dari kegiatan ini adalah mempermudah proses adaptasi mahasiswa baru terhadap lingkungan kampusnya yang sangat jauh berbeda dengan keadaan sewaktu mereka masih sekolah dulu.

Kontributor : Andri Restandi
Sumber : Dedi Hariyanto, SE, MM
© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK