Edukasi Pasar Modal Oleh Galeri Investasi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Dalam Berita
24 July 2018   ADMIN   107 Kali

Galeri Investasi Fakultas Ekonomi  Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak (GI FEB UM Pontianak) yang  berdiri 4 tahun yang lalu merupakan kerjasama antara Bursa Efek Indonesia dan  MNC…

Galeri Investasi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak (GI FEB UM Pontianak) yang berdiri 4 tahun yang lalu merupakan kerjasama antara Bursa Efek Indonesia dan MNC Sekuritas. Selama berdiri edukasi dan literasi tentang pasar modal yang dilakukan fokus pada mahasiswa FEB. Hal ini dilakukan karena di FEB ada matakuliah Manajemen Investasi Dan Portofolio di dalam kurikulum Program Studi Manajemen.

Dalam menjalankan fungsi GI FEB UM Pontianak untuk meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal pada civitas akademika di UM Pontianak, maka kegiatan diperluas kepada dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan UM Pontianak. Adapun bentuk kegiatan tersebut berupa pelatihan trading saham bagi pemula. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memasyarakatkan pasar modal Indonesia dan mencegah para civitas akademika tidak tertipu pada investasi-investasi ilegal yang marak terjadi belakangan ini.

Pelaksanaan Edukasi Saham Bagi Pemula ini dilaksanakan di Aula Lantai 3 UM Pontianak pada Tanggal 24 Juli 2018 dan berlangsung selama kurang lebih dua jam. Para peserta terlihat antusias dan menyimak dengan serius informasi yang disampaikan oleh pemateri dari Bursa Efek Indonesia dan MNC Sekuritas.

Kegiatan berlangsung dalam dua sesi, dimana sesi pertama diisi oleh Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Pontianak yaitu Taufan Febiola yang menjelaskan bahwa investasi di pasar modal adalah investasi jangka pandang dan menguntungkan karena berinvestasi di pasar modal itu istimewa. Hal itu disebabkan oleh tiga hal, yaitu; 1. Dilakukan di bank besar dan bisa langsung digunakan untuk membeli saham dan atas nama sendiri; 2. Tanpa dikenakan biaya administrasi apapun selamanya; 3. Mendapatkan bagi hasil. Sedangkan pada sesi kedua diisi oleh pemateri dari MNC Sekuritas yaitu Habibi, yang menjelaskan dasar-dasar penggunaan aplikasi trading saham.

Diharapkan kedepannya dapat diadakan lagi edukasi seperti ini untuk dosen dan tenaga kependidikan pada tingkat lanjut agar lebih banyak lagi civitas akademika yang mengenal dan mendapat informasi tentang investasi dan produk yang ada di pasar modal serta meningkatkan kesadaran (awareness) masyarakat tentang investasi di pasar modal Indonesia.

Kontributor: Dedi Hariyanto - Andri Restandi

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK